Ma’parapa’ merupakan kegiatan dengan tujuan menenangkan semua orang yang hadir dalam suatu acara. Pemeran kegiatan ini disampaikan oleh orang yang dipercayakan pihak keluarga, dalam menyampaikan hal-hal yang berkaitan dengan kegiatan yang tengah dilaksanakan. Ma’parapa’ berasal dari kata rapa’ yang berarti tenang dan ma’ yang berarti melakukan, itu berarti ketika kata ini disatukan dengan awalan menjadi menenangkan kondisi. Ma’parapa’ biasanya dilaksanakan dalam berbagai kegiatan upacara adat di toraja, baik upacara adat rambu tuka’ maupun upacara adat rambu solo’.
Setelah keadaan tenang maka orang yang ma’parapa’ mengucapkan apa yang ingin disampaikan dalam versi bahasa Toraja tingkat tinggi atau bahasa tominaa, yang biasa disebut singgi’ atau tingga’ dengan tujuan untuk menyanjung, menyapa tamu bahkan menarik perhatian orang-orang yang ditujukan. Dalam kegiatan ini ada beberapa tingkatan yang harus disesuaikan dengan memperhatikan:
-
Pertama; proses pengucapan singgi’/tingga’ bergantung pada jenis pelaksana kegiatan upacara adat, yakni kepada orang-orang yang berstrata sosial tinggi tentu berbeda dengan orang yang memiliki strata sosial menengah, apalagi jika pelaksana upacara adat berstrata sosial rendah secara otomatis proses pengucapannya pun berada pada kategori rendah.
Kedua; Proses pengucapan singgi’/tingga’ untuk menyapa tamu-tamu yang hadir sesuai dengan strata sosial. Bilamana seorang pejabat atau tamu yang berasal dari berbagai instansi atau struktur kepemerintahan.
Maka, singgi’ yang dilontarkan pemeran ma’parapa’ memperhatikan tutur bahasa toraja yang tinggi kepada yang bersangkutan dan jika yang hadir adalah kelompok bangsawan maka deretan makna bahasanya pun tertujuh pada kelas bangsawan sebagai penghargaan. Dengan demikian jika yang hadir adalah strata sosial kelas bawa tentunya si pemeran singgi’ hanya menguraikan hubungan keluarga dan kaitan keluarga dengan mereka. Akan tetapi, zaman sekarang ini kebanyakan orang yang ma’parapa’ tidak lagi memperhitungkan kedua hal tersebut, namun yang terpenting bagi mereka adalah bagus tidaknya bahasa yang dituturkan olehnya. Dengan demikian melanggar ketentuan adat yang berlaku di dalam masyarakat Toraja.
Ma’parapa’ dilakukan pada beberapa upacara adat di toraja baik rambu solo’ maupun rambu tuka’. Seperti; dalam kegiatan “Ma’pasa’tedong”, yaitu semua kerbau yang akan disembeli dalam suatu upacara pemakaman dikumpulkan di halaman tongkonan (Rumah adat) dan kerbau-kerbau itu dihiasi sedemikian rupa lalu dibawanya menuju tempat yang telah ditentukan. Sesampainya di sana semua kerbau dan rumpun keluarga Almarhum mengelilingi tenda yang terbuat dari daun enau (Ongan) sebanyak tiga kali, kemudian mereka duduk lalu orang yang ma’parapa’ menenangkan suasana dan diakhiri dengan penyampaian singgi’ yang ditujukan kepada orang yang telah meninggal dan semua kerbau yang telah dikumpulkan.
Cara mengungkapkan singgi’ di kegiatan “Ma’pasa’ tedong” dilakukan dengan menceritakan sejarah kedatangan kerbau ke Dunia, sampai ke Toraja menurut kepercayaan leluhur masyarakat Toraja. Dan juga fungsi kerbau sesuai dengan jenisnya masing-masing serta aturan tentang kapan dan dimana kebau itu disembeli seperti yang terdapat dalam kutipan berikut ini tentang hal-hal yang disampaikan oleh “ Toma’parapa’” dalam acara ma’pasa’ tedong:
“Tedong dao langi’ tarukna sauan sibarrung, bati’na tandasan sikore-kore. Tedong manoka unnola eran dilagi’ mengkailing umpolambanan enda’ to paonganan. Umpolalan ia sibidangna langi’ umpolambanan ia siamma’ na batara, mellaomi dio randanna langi’ mengkara’pa dio lelean uran.
Tonna dio randanna langi’ mangummaling batu ba’tengna kumua, inde’ tasik tangnalamban minanga tangna orongngi. Apa ma’kada ia PUANG MATUA dao tangngana langi’. Kumua kampaiko sampena bulan tumanan baraninna pariama, ammu polambanan re’dena tasik, mu orongngi ubo’tokna bura-bura.
Siappa’mi sampena bulan tumanan baraninna pariama, siari-arimi lamban sikuan launnorong situndan unnola, tasik tumalantan bura-bura urrirak liku mandalan. Lambanmi tangtemme ikko’na tangmarupe kalungkungna tang bonak liku ara’na.
Tu’tun mi menggantanan dao kapadang-padanganna, tamami pangngala’ kamban to dalankurra manapa’, makianakanmi lan pangngala’ kamban sumena’mi lan kurra manapa’. Ma’tagari lepongan bulan ma’karerang pandan matarik allo, unnindo’ kapuranpanggan lako nene’na tedong.
Titundammi nene’na tedong lan pangala’ kammban, sikutana sangke’deran sikuan sangtiangkaran, susi tanete lumomban pangngala’ ma’palumingka buntu ma’paludiomai. Sia dio-diona mai sia mentangngana lalanna, ullambi’mi bamba puang padangna Dua Bontik daenanna Tallu Topongna Enrekang tungka sanganna. Mangngado duka to Endekang, apa tedong noka’mo lalendu’ mengkailingmo lalempang, umpatarru’mi lalanna tu’tunmi lepongan bulan ilan pandan matarik allo. Di indo’mi kapuran pongan diona tedong, kumua tedong tang sa’pe anakna tang messala turiangna, tobang oi sampeoi, tilende’ tikadang oi. Iapi nadiala disape anak di palele turiangna ke bendanni kapemalaran rara tallu sampa’ batu lalikan dio rampe matallo, iapi nadiala disape anankna di palele turiang ke bendanni kapemalaran massebokan dio rampe matallo, kedenni to sandarangka’na na ba’gi PUANG ewanan sanda makamban anna tanda tasikki mamasena PUANG langngan tangngana langi’, iapi nadiala disape anakna di palele turiangna ke denni toma’rampanan kapa’ umpulung rara buku langngan tongkonan di gente’ to sule langngan banua, iapi nadiala disape anankna di palele turiangna ke bendanni ada’na rampe matampu’ ketulangda’i sangka’na kabotoan kulla’ susi ilan te allo totemo ten ilan te kulla’ di marassan.
Koe……e laku sampa’mo tedong ma’ bulu aluk karambau ma’songgo bisara. Kumua
Balian: iko balian pampang ma’bulu aluk pa’parandukna datu luwu allona ina’, pampang parande matoto’na eran salassa’na datu luwu. Kumua tommu mane mengkara’pa tama te lili’ na lepongan bulan ta’de pa pa’gantian bulawan mu, tommu mane tidukun tama te gonting na pandan matarik allo tangsombo pa pantarisan makaraeng mu. Apa diembong bulawan dandanan sangka’ dao te nanlili’ na lepongan bulan, diseno nane’ tangkarauan pananda bisara ilan te gontingna pandan matarik allo, naria’ moko pa’ palumbangan sangka disanga moko balian. Belanna ikomo sikambi’ pampang maluangan sulu’ sumaluna lombok kalandona sangka’, sapu boko’ tangbeluakanna tanete layuk lamba’na pananda bisara. Dikua dennoupa’ dipoupa’, paraya dipoparaya namaluangan tengka ke’de’na inde mai anak na tampa gayang bongsu nakundo tarapang, na sumapu randanan tang beluakan, nasumarrin bone- bone tang pessanisian, tang kandean dena’ tang intokan olang-olang.
Saleko: iko saleko pantaranakna bintoen tasak pang lolloanna asi-asi malillin, tuna’ turiangna gaun tikembong. Ikomo tedong unnola eran di langi’ allona ina’, karambau umpolambanan enda’ to paonganan to kulla’ pure diboko’. Ba’gi misanna lepongan bulan tage’- tageranna pandan matarik allo. Iko tedong malute di pobelo pusuk tama rante kalua’ mabangko di pobembeng daun induk tama tandung kalonaran. Tanda tasikna ewanan sanda matasak ilan tangngana tondok, toding bulayanna ewanan sanda masokan ilan ma’ lipu mangka di tarik. Ikomo tedong di pobia’ borrong tama rante kaiua’ karambau di posulo parrang tama tandung kalonaran, bia’ borrong ilan tangngana bongi sulo parrang ilan paseko malillin. Dikua denno upa’ napoupa’ paraya napoparaya inde’mai toma’ rapu tallang angga toma’ kaponan ao’, anna tangtitodo lentek matallo matampu’ ulunna langi’ ingkok na batara.
Lotong Boko’ : Iko lotong boko’ tanda tasikna tongkonan layuk, toding bulayanna esungan pa’kalandoan. Kumua lotong boko’ bubunganna tindak sarira longana mian kila’ pamiringna, dapo’ rongko’ to dapo’na dapo’ tamben bala tedong.
Bonga : Iko bonga ikomo tedong napopendio’ ma’pu’ to ma’rapu tallang, karambau napopembollo me’rekan to ma’kaponan ao’. Tanda tasikna tonkonan, toding bulayanna esungan. Kumua digente’ noka’ lapa’de apinna mengkailing la merrambu royanna.
Pudu’ : Iko pudu’ ba’ginna padang di pantilang, tarukna pongkekumorrok bati’na pundu sarae. Ikomo tedong di pamatua induk ilan rante kalua’ karambau di pabanu’ karurungan ilan tandung kalonaran. Dikua dennoi upa’ inde’ mai toma’ rapu tallang angga toma’kaponan ao’, anna matua induk untorroi kuli’na padang banu’ karurungan ilan telili’ na lipu daenan. Ke denki’ lana sarak sa’pe PUANG MATUA lasituru’ lellenganna punti, sipanglola baan maririnna bane’. Dennoi upa’ na matua induk kanno’koran, matua buangan kada, matua tengka ke’de’
Sokko : Iko sokko tanduk tuo rokko tanduk tuo tama. Tedongna Babu’ Solong, sokko mebali tungkasanganna. Tedong tang umpasombo matata’, ma’tan-ma’tan untannun papatu inaya. Sombo opi anna lalong ombo’opi anna gandang. Dikua dennoi upa’ annasombo napapatu lalan anna ombo’ anna papatu inaya.
Todi’: Iko todi’ malute disa’bu’ dudung pindan. Ikomo tedong dipalidan dao tangngana sondong, karambau dipatuara’ dao limbu balana tananan sampa’. Di pasikambi’ kada disedan sarong, dipasi taranak bisara di toke’ tambane baka. Tedong di saile sule dio randanna langi’, karambau di tiro tuara’ dio lelean uran. Tanda tasikna kumua kita to sangdunduan, pindan sangngtimburan gori-gori. Umpobasse basse sipadiong lisunna pala’, panda si pailanan se’ponna kalepa’ tang sipairisan angin membuntunna, tangsipasimboan darinding mentanetena. Tallan di kapadangan sitoe lima, malabu di kawaianna sisapu kambutu’. Tanda tasikna kumua sikamali’ di pobalo’, siangkaran di poparaya. Miasa’ kada dipotuo pantan kada dipomate.
Sambao’ : Iko sambao’ ikomo tedong dilando lalanni tama tangngana pasa’, karambau di lingka pa’taunanni tama lisu lembangna tammuan. Ikomo tedong umpokili’ dua bangko, karambau umpobulu dua bulu. Ikomo tedong malute na poserotalla’ to ponto litakan, mabangko napopembase irusan to kallang karauan. Iko tedong mangka di basse allona ina’, malute di pa’buangngi sanda biringna mabangko dipa’kolakki sanda randanna. Ke denni temai dandanan sangka’ di lenda pesalu, ke denni temai batokan penanda bisara di lenda sumallang. Dikua dennoi upa’ anna sundun tang beluakan, anna upu’ tang pessanisian”.
Berdasarkan kutipan di atas. Maka, dapat dijelaskan bahwa untuk kutipan paragraf pertama diceritakan bahwa kerbau itu berasal dari langit, dimana kerbau itu takut turun ke Dunia melalui tangga yang disebut “Eran di langi’”. Kerbau itu turun di tepi Bumi menurut kepercayaan lelulur masyarakat Toraja. Namun demikian, kerbau itu kebingungan karena takut menyeberangi lautan yang sangat luas sehingga TUHAN berkata bahwa engkau harus menunggu waktu yang tepat baru engkau menyeberang dengan cara meniti bui air laut. Setelah waktu itu tiba, menyeberanglah kerbau-kerbau itu tanpa ada satupun bagian tubunya yang basa terkena air.
Sesampainya di daratan kerbau itu masuk ke hutan dan berkembang biak disana. Disinilah leluhur orang Toraja mengadakan ritual memohon kepada kebau dan kerbau itupun saling memberitahu untuk berangkat menuju ke Toraja. Saat kerbau-kerbau itu sedang melewati daerah Enrekang, orang Enrekang pun memohon agar kebau itu tinggal di daerah mereka, akan tetapi kerbau-kerbau itu tidak mau lagi untuk singga. Lalu meneruskan perjalananya hingga sampai di Toraja maka orang Toraja mengadakan musyawarah untuk menentukan kapan dan dimana kerbau itu dipotong.
Selanjutnya kutipan no.
menceritakan bahwa apa bila kerbau itu di potong berarti menandakan bahwa acara yang diadakan adalah acara yang besar. Pemotongan kerbau balian mengandung harapan bahwa semoga seluruh rumpun keluarga mendapatkan wawasan yang luas dalam mencari nafkah dunia ini. kutipan
menceritakan bahwa kerbau saleko adalah satu-satunya kerbau yang melewati tangga dari langit saat turun ke bumi, dan juga merupakan simbol harta kekayaan orang toraja dan menjadi penerang dalam melakukan suatu upacara adat rambu solo’.
- menceritakan bahwa kerbau lotong boko’ merupakan simbol tongkonan.
mengandung makna bahwa kerbau bonga juga merupakan simbol tongkonan yang tetap melestarikan adat dan strata sosial pemilik tongkonana tersebut.
mengandung makna bahwa kerbau pudu’ itu adalah kerbau yang dituakan di antara semua kerbau yang ada dalam upacara yang sedang berlangsung dan menjadi simbol pengharapan rumpun keluarga bahwa semoga mereka sumua panjang umur dan menjadi orang yang dituakan dalam masyarakat.
menceritakan bahwa kerbau sokko adalah kerbau milik Babu’ solong yang disebut sokko mebali karena dapat merespon jika diberikan pertanyaan. Kerbau ini melambangkan bahwa walaupun seseorang kaya dan sudah melaksanakan upacara besar rambu solo’ di antara yang lain. Namun, tetap rendah hati.
menceritakan bahwa kerbau todi’ adalah kerbau yang melambangkan persatuan dan ikatan kekeluargaan masyarakat Toraja dari atas tongkonan yang harus dijunjung tinggi masyarakat Toraja di mana pun berada.
menceritakan bahwa kerbau sambao’ adalah kerbau yang diikat oleh suatu perjanjian bahwa apabila ada kekeliruan yang terjadi didalam upacara tersebut maka kerbau tersebutlah yang mananggungnya. Oleh karena itu, kerbau sambao’ paling terakhir dipotong dalam upacara rambu solo’dan kerbau sambao’ juga digunakan oleh hamba yang ingin merdeka untuk menebus diri.
No comments:
Post a Comment